Time Value Of Money



KATA PENGANTAR

Syukur alhamdulillah penulis ucapkan kehadirat Allah Swt Yang Maha Kuasa, karena berkat limpahan rahmat-Nya makalah ini yang disusun dengan judul Time Value of Money  pada  mata kuliah manajemen  keuangan  dapat  selesai  pada     waktunya.
Shalawat beriringkan salam penulis kirimkan kepada Nabi Muhammad Saw yang telah membawa kita ke alam yang terang benderang dan membimbing umatnya ke jalan yang berilmu pengetahuan.
Ucapan terima kasih penulis haturkan kepada Dosen Pembimbing pada mata kuliah manajemen keuangan. Semoga dengan bimbingannya penulis lebih memahami arti mata kuliah ini. Dan penulis mengharapkan kritik dan saran dari pembaca untuk memperbaiki makalah selanjutnya.















DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR...............................................................i
DAFTAR ISI............................................................................ii
BAB I PENDAHULUAN.........................................................................
            LATAR BELAKANG....................................................iii-iv
            TUJUAN.......................................................................iv
BAB II PEMBAHASAN..........................................................................
o   PENGERTIAN.................................................1-2
o   FUTURE VALUE.............................................2-3
o   PRESENT VALUE...........................................3-4
o   ANNUITY.........................................................4-5
o   BUNGA SEDERHANA.....................................5-6
o   BUNGA MAJEMUK...........................................6

BAB III PENUTUP...............................................................................
            KESIMPULAN............................................................i
            SARAN.......................................................................i
DAFTAR PUSTAKA..............................................................ii




BAB I
PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang
 Time value of money atau dalam bahasa Indonesia disebut nilai waktu uang adalah merupakan suatu konsep yang menyatakan bahwa nilai uang sekarang akan lebih berharga dari pada nilai uang masa yang akan datang atau suatu konsep yang mengacu pada perbedaan nilai uang yang disebabkan karena perbedaaan waktu. Pengambilan keputusan pada analisis ekonomi teknik banyak melibatkan dan menentukan apa yang ekonomis dalam jangka panjang. Dalam hal ini, dikenal istilah nilai waktu dari uang ( time value of money ); Rp 1.000,- saat ini lebih berharga bila dibandingkan dengan Rp 1.000,- pada satu atau dua tahun yang akan dating. Hal itu disebabkan adanya bunga. Maka sudah jelas time value of money sangat penting untuk dipahami oleh kita semua, sangat berguna dan dibutuhkan untuk kita menilai seberapa besar nilai uang masa kini dan akan datang. Maka dalam makalah ini akan dibahas mengenai konsep nilai uang terhadap waktu dan ekivalensi.
Suatu pengetahuan mengenai teknik-teknik nilai sekarang dan bunga majemuk sangat diperlukan untuk memahami beberapa aspek penting bidang keuangan, yaitu penganggaran modal, struktur keuangan, penilaian surat berharga dan berbagai masalah keuangan lainnya.
Empat persamaan dasar dengan notasinya masing-masing yang akan didalam topik ini adalah :
1.    FVr,n = P0FVIF(r,n)
2.    PVr,n = FVr,Npvif(r,n)
3.    FVr,t = aFVIFA(r,t)
4.    PVAr,t = aPVIFA(r,t)
Nilai yang akan datang (FVr,n = future value) atau jumlah nilai yang akan datang, didefinisikan sebagai penjumlahan di mana suatu nilai pokok awal (P0) akan bertambah selama n tahun jika bunga yang dihasilkan adalah r persen per tahun. Persamaan untuk mendapatkan nilai yang akan datang adalah:
FVr,n = P0(1+r)n.
            Nilai sekarang dari suatu pembayaran akan datang (PVr,n) adalah suatu jumlah yang jika kita miliki sekarang dan jika jumlah tersebut diinvestasikan pada suku bunga (r) tertentu akan sama dengan pembayaran di masa akan  datang (FVr,n) pada saat jatuh tempo pembayaran tersebut.
            Suatu anuitas didefinisikan sebagai serangkaian pembayaran yang jumlah tetap (a) selama beberapa tahun tertentu. Nilai yang akan datang dari suatu anuitas adalah jumlah total yang akan diterima pada akhir periode anuitas jika setiap pembayaran diinvestasikan pada suku bunga tertentu hingga pada akhir periode anuitas.
            Nilai sekarang (present value) dari suatu anuitas adalah uang yang harus berada ditangan sekarang, agar dapat menarik dalam jumlah yang sama (a) setiap tahun dan habis pada akhir periode anuitas.  


 B. Tujuan
1. Mahasiswa dapat memahami pengertian nilai uang terhadap waktu.
2. Mahasiswa dapat mengetahui konsep nilai uang terhadap waktu dan memahami rumus – rumus didalamnya.
3. Mahasiswa dapat memahami ekivalensi dalam pembayaran pinjaman.








BAB II
 PEMBAHASAN

A. Pengertian
Time value of money atau dalam bahasa Indonesia disebut nilai waktu uang adalah merupakan suatu konsep yang menyatakan bahwa nilai uang sekarang akan lebih berharga dari pada nilai uang masa yang akan datang atau suatu konsep yang mengacu pada perbedaan nilai uang yang disebabkan karena perbedaaan waktu. Dalam memperhitungkan, baik nilai sekarang maupun nilai yang akan datang maka kita harus mengikutkan panjangnya waktu dan tingkat pengembalian maka konsep time value of money sangat penting dalam masalah keuangan baik untuk perusahaan, lembaga maupun individu.
 Dalam perhitungan uang, nilai Rp. 1.000 yang diterima saat ini akan lebih bernilai atau lebih tinggi dibandingkan dengan Rp. 1.000 yang akan diterima dimasa akan datang. Hal tersebut sangat mendasar karena nilai uang akan berubah menurut waktu yang disebabkan banyak factor yang mempengaruhinya seperti.adanya inflasi, perubahan suku bunga, kebijakan pemerintah dalam hal pajak, suasana politik, dll.
Manfaat time value of money adalah untuk mengetahui apakah investasi yang dilakukan dapat memberikan keuntungan atau tidak. Time value of money berguna untuk menghitung anggaran. Dengan demikian investor dapat menganalisa apakah proyek tersebut dapat memberikan keuntungan atau tidak. Dimana investor lebih menyukai suatu proyek yang memberikan keuntungan setiap tahun dimulai tahun pertama sampai tahun berikutnya atau nilai waktu dari uang, didalam pengambilan keputusan  jangka panjang, nilai waktu memegang peranan penting.

            Seiring dengan pesatnya perkembangan bisnis, konsep nilai waktu dari uang ( time value of money ) telah mendapat tempat yang demekian penting. berikut adalah beberapa conto terapan yang terkait dengan konsep nilai waktu dari uang :

-  Tabungan
-  Pinjaman bank
-  Asuransi penilaian proyek

Konsep nilai waktu uang diperlukan oleh manajer keuangan dalam mengambil keputusan ketika akan melakukan investasi pada suatu aktiva dan pengambilan keputusan ketika akan menentukan sumber dana pinjaman yang akan dipilih.

           Suatu jumlah uang tertentu yang diterima waktu yang akan datang jika dinilai sekarang maka jumlah uang tersebut harus didiskon dengan tingkat bunga tertentu (discountfactor). Suatu jumlah uang tertentu saat ini dinilai untuk waktu yang akan datang maka jumlah uang tersebut harus digandakan dengan tingkat bunga tertentu.

1.    FUTURE VALUE 
 . Future Value (nilai yang akan datang) Adalah nilai uang dimasa yang akan datang dari uang yang diterima atau dibayarkan pada masa sekarang dengan memperhitungkan tingkat bunga setiap periode selama jangka waktu tertentu. Nilai uang diwaktu akan datang dari sejumlah uang saat ini atau serangkaian pembayaran yang dievaluasi pada tingkat bunga yang berlaku.
                           Fv = Pₒ (1+i)ⁿ

Jika kita menabung Rp.1.000.000 saat ini, maka berapa jumlah uang kita 3 tahun ke depan jika tingkat bunga 10% per tahun ?
Perhitungan untuk permasalahan ini basanya menggunakan bunga ganda. Artinya, bunga yang kita peroleh pada tahun pertama akan disertakan dalam perhitungan bunga tahun selanjutnya dan begitu seterusnya. Misalnya, kita menyimpan uang di bank Rp.1.000.000 sekarang maka penulisannya seperti ini:
Pₒ = 1.000.000
Tahun depan dengan tingkat bunga sebesar 10% maka uang kita menjadi:
P = 1.000.000 (1 + 0,1) = 1.100.000

2.    PRESENT VALUE 
 Present Value (nilai sekarang) Adalah nilai uang sekarang yang akan diperoleh atau dibayar dimasa yang akan datang dengan tingakat suku bunga tertentu pada setiap periode. Nilai saat ini dari jumlah uang di masa datang atau serangkaian pembayaran yang dinilai pada tingkat bunga yang ditentukan.

              PV = Kn / (1 + r) ^n
Keterangan :
PV       = Present Value / Nilai Sekarang
Kn       = Arus kas pada tahun ke-n
r           = Rate / Tingkat bunga
^n        = Tahun Ke-n (dibaca dan dihitung pangkat n).



Contoh :
Jika di masa yang akan datang kita akan punya saldo sebesar 1,1 juta hasil berinvestasi selama satu tahun, maka uang kita saat ini adalah sebesar :

PV = 1.100.000 / (1 + 0,1) ^1
PV = 1.000.000 rupiah
Tambahan :
1 / (1 + r) ^n disebut juga sebagai discount factor

ISTILAH YANG DIGUNAKAN :

Pv        = Present Value (Nilai Sekarang)                
SI        = Simple interest dalam rupiah
Fv        = Future Value (Nilai yang akan datang)               
An       = Anuity
I           = Bunga (i = interest / suku bunga)             
N        = tahun ke-
P0        = pokok/jumlah uang yg dipinjam/dipinjamkan pada periode waktu


3.ANNUITY 
 ANNUITY  Adalah rangkaian/seri pembayaran atau penerimaan uang yang jumlahnya, periode serta tingkat bunganya sama selama jangka waktu tertentu. Annuity dapat dihitung menggunalan konsep future value annuity dan present value annuity. Suatu rangkaian pembayaran uang dalam jumlah yang sama yang terjadi dalam periode waktu tertentu.  
Future value annuity Adalah suatu hal yang dimanfaatkan untuk mencari nilai dari suatu penjumlahan tahun yang akan datang dari jumlah yang diterima sekarang pada waktu yang sudah ditentukan atau dengan kata lain penjumlahan dari future value.
                            FV = Ko (1 + r) ^n
Keteragan :
FV       = Future Value / Nilai Mendatang
Ko       = Arus Kas Awal
r           = Rate / Tingkat Bunga
^n        = Tahun Ke-n (dibaca dan dihitung pangkat n).
Contoh :
Jika kita menabung 1 juta rupiah dengan bunga 10% maka setelah satu tahun kita akan mendapat :
FV = 1.000.000 (1 + 0,1) ^1
FV = 1.100.000 rupiah
Anuitas nilai sekarang adalah Sebagai nilai i anuitas majemuk saat ini dengan pembayaran atau penerimaan periodik dan n sebagai jangka waktu anuitas.

(1+i) n ] = A1 [ 1 – {1/ (1+ i)n /i } ]SPVAn = A1
Anuitas nilai masa datang adalah sebagai nilai anuaitas majemuk masa depan dengan pembayaran atau penerimaan periodik dan n sebagai jangka waktu anuitas.

 (1+i) n – 1 ] / iSFVAn = A1
Keterangan :
A1       = Pembayaran atau penerimaan setiap periode :

4.BUNGA SEDERHANA
Bunga Majemuk (compound interest) Apabila bunga yang diperoleh setiap periode yang didasarkan pada pinjaman pokok ditambah dengan setiap beban bunga yang terakumulasi sampai dengan awal periode tersebut, maka bunga itu disebut bunga majemuk. Bunga majemuk lebih sering digunakan dalam praktik komersial modern.ØBunga Sederhana Apabila total bunga yang diperoleh berbanding linear dengan besarnya pinjaman awal/pokok pijaman, tingklat suku buanga dan lama periode pinjaman yang disepakati, maka tingkat suku bunga tersebut dinamakan tingkat suku bunga sederhana ( simple interest rate ). Bunga sederhana jarang digunakan dalam praktik komersial modern. Total bunga yang diperoleh dapat dihitung dengan rumus : I = P.i.n
Di mana :
 I = Total bunga tunggal
 P = Pinjaman awal
i = Tingkat suku bunga
n = Periode pinjaman.
 Jika pinjaman awal P, dan tingkat suku bunga, I, adalah suatu nilai yang tetap, maka besarnya bunga tahunan yang diperoleh adalah konstan. Oleh karena itu, total pembayaran pinjaman yang harus dilakukan pada akhir periode pinjaman F, sebesar : F=P+I Bunga yang dibayarkan hanya pada pinjaman atau tabungan atau investasi pokoknya saja.

                   FVn = Po [ 1 + (i) (n) ]

 
5. BUNGA MAJEMUK
Bunga Majemuk (compound interest) Apabila bunga yang diperoleh setiap periode yang didasarkan pada pinjaman pokok ditambah dengan setiap beban bunga yang terakumulasi sampai dengan awal periode tersebut, maka bunga itu disebut bunga majemuk. Bunga majemuk lebih sering digunakan dalam praktik komersial modern. 3Ø Bunga Sederhana Apabila total bunga yang diperoleh berbanding linear dengan besarnya pinjaman awal/pokok pijaman, tingklat suku buanga dan lama periode pinjaman yang disepakati, maka tingkat suku bunga tersebut dinamakan tingkat suku bunga sederhana ( simple interest rate ). Bunga yang dibayarkan (dihasilkan) dari pinjaman (investasi) ditambahkan terhadap pinjaman pokok secara berkala.

                     FVn = Po ( 1 + i ) n
Keterangan :
FVn    = Future value tahun ke-n
Po       = Pinjaman atau tabungan pokok
i           = Tingkat suku bunga/ keuntungan disyaratkan
n          = Jangka waktu

BAB III
PENUTUP


Kesimpulan
Time value of money atau dalam bahasa Indonesia disebut nilai waktu uang adalah merupakan suatu konsep yang menyatakan bahwa nilai uang sekarang akan lebih berharga dari pada nilai uang masa yang akan datang atau suatu konsep yang mengacu pada perbedaan nilai uang yang disebabkan karena perbedaaan waktu. Adapun metode – metode yang digunakan adalah sebagai berikut
1. Future value (nilai yang akan datang)
 2. Present value (nilai sekarang)
3. Anuitas
4. Future value annuity
5. Present value annuity

Saran
 Dalam melakukan peminjaman investasi, sebaiknya diperhitungkan baik-baik sebelum mengalami kesalahan. Lakukanlah cara pembayaran ekivalensi yang sesuai dengan usaha atau keperluan dari peminjaman modal tersebut.





DAFTAR PUSTAKA

 http://ilmumanajemen.wordpress.com/2009/01/16/time-value-of-money/
 http://en.wikipedia.org/wiki/Time_value_of_money
http://www.investopedia.com/terms/t/timevalueofmoney.asp
http://johnyericsonataupah.blogspot.com/time-value-of-money-dan-analisis.
http://tugaskuliah-syaifurrahman.blogspot.com/time-value-of-money.html











Comments

Popular posts from this blog

Historical Cost, Current Cost and Exit Price

Keterampilan Audit dan Menggali Bukti-Bukti Pemeriksaan

PERSAMAAN DAN PERBEDAAN PENGETAHUAN MITOLOGI, FILSAFAT DAN ILMU PENGETAHUAN